Home

RUMAH SURGA ? APA ITU RUMAH SURGA ?

Pada kesempatan kali ini kita akan mengupas sedikit tentang Rumah Surga. Rumah Surga ? Apa rumah yang ada di surga ? Tentu bukan, dalam agama diajarkan bahwa surga adalah tempat segala kenikmatan, kesenangan, kenyamanan, kebaikan dan kebahagian yang hakiki, kekal abadi, tiada cela dan duka sedikitpun. Happy forever.

Berawal dari pengertian surga itu, maka yang dimaksud Rumah Surga di sini adalah rumah yang memberikan, menciptakan, menimbulkan, dan mewujudkan kesenangan, kenyamanan, kebaikan, dan kebahagian bagi segenap penghuninya. Apa rumah surga itu berupa rumah yang mewah atau gubuk reyot ? Bisa jadi, bisa tidak.

Bagaimana caranya merealisasikan dan mewujudkan Rumah Surga ? Ada beberapa tinjauan menciptakan Rumah Surga, yaitu Sosio aspek, aspek Spiritual, Lingkungan, dan Arsitektural.

1.  Sosio Aspek

Ini merefleksikan sebagai institusi individu atau sekelompok orang atau masyarakat yang mempengaruhi suasana dan harmoni rumah baik secara langsung maupun tidak langsung. Disadari atau tidak lingkungan sosial masyarakat sekitar turut ambil bagian dalam menciptakan suasana rumah yang nyaman dan aman. Oleh karena itu, dalam rangka membangun atau menciptakan rumah aman, nyaman, tentram laksana rumah surga, perlu diperhatikan hal-hal berikut ini :

  • Hendaklah rumah dibangun di area atau lingkungan masyarakat yang menjunjung tinggi norma-norma keberadapan.
  • Hendaklah rumah dibangun di area yang cukup tata ruangnya, tidak terlalu padat berhimpitan.
  • Hendaklah rumah dibangun di kawasan yang memang untuk pemukiman, bukan kawasan lainnya.
  • Hendaklah tiap individu penghuni rumah menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat sekitarnya, dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai dan etika kemasyarakatan.

2.  Aspek Spiritual

Aspek ini adalah berkaitan dengan bagaimana mewarnai dan menerapkan nilai-nilai spiritual keagamaan dalam rumah, baik berhubungan dengan bangunan rumah itu sendiri maupun individu-individu yang  menghuninya sehingga mendapat ridho dari Allah SWT. Untuk itu hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mewujudkan rumah yang surgawi  adalah :

  • Hendaklah setiap penghuni rumah baik secara individu maupun bersama-sama menjalankan nilai-nilai agama yang diridhoi Allah SWT.
  • Tidak membangun dan menghiasi rumah  dengan unsur-unsur kesyirikan dan kesesatan.
  • Membangun hubungan yang baik dan selaras setiap penghuni rumah sesuai dengan fungsi dan kedudukannya dengan spirit menciptakan keluarga yang bahagia dan harmoni.
3.  Aspek Lingkungan

Kondisi lingkungan memegang peranan yang penting dalam menciptakan kenyamanan dan  ketenangan rumah. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mewujudkan rumah yang nyaman, yaitu :

  • Keadaan lingkungan  sekitar yang senantiasa bersih dan  terawat.
  • Adanya tanaman terawat baik di sekitar rumah baik sebagai asesoris view maupun hiasan sehingga tercipta suasana yang asri, sejuk dan teduh.
  • Adanya sanitasi dan pengelolaan sampah yang baik.
  • Tersedianya cukup air bersih.
  • Setiap penghuni rumah baik secara individu maupun bersama-sama masyarakat lainnya senantiasa berperilaku hidup sehat.

4.  Aspek Arsitektural

Setiap orang mempunyai konsep dan pandangan sendiri-sendiri tentang rumah yang nyaman laksana di surga, baik itu model maupun  gaya dari rumah, termasuk asesoris interior dan eksteriornya. Pada aspek ini menekankan bagaimana mengorganisir segenap komponen atau pilar bangunan rumah sedemikian rupa sehingga tercipta rumah sehat dan nyaman. Dan hal ini dapat dilakukan dengan :

  • Perencanaan dan penempatan setiap ruangan yang pas sesuai dengan fungsinya.
  • Pengaturan pencahayaan, baik cahaya alami maupun buatan. Ada akses langsung sinar matahari ke dalam rumah, sedangkan sinar buatan bukan sekedar untuk penerangan saja, tapi bisa menciptakan kesan yang eksotik, dinamis dan tenang.
  • Penciptaan sirkulasi udara yang baik, sehingga udara di dalam  rumah tetap fresh.
  • Penempatan furniture dan ornament yang fashionable (tidak mesti yang mahal) akan menciptakan ruangan yang elegan.